Cara Mengisi Peta Koordinat Siswa Pada Dapodik 2019 - ARSIP OPERATOR

Saturday, November 17, 2018

Cara Mengisi Peta Koordinat Siswa Pada Dapodik 2019

--KODE IKLAN UNTUK DI ATAS ARTIKEL BAWAH JUDUL--
--KODE IKLAN DI TENGAH ARTIKEL--

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Dapodik versi 2019 ini memiliki berbagai fitur perbaikan serta pembaharuan. Salah satu fitur perbaikan dan pembaharuan adalah penambahan menu pengisian kelengkapan identitas GTK serta peserta didik yang mengharuskan entri data titik koordinat berupa titik lintang dan titik bujur. 

Dan permasalahan yang timbul adalah seringnya eror di saat kita buka peta koordinat pada dapodik. Hal ini disebabkan adanya pembatasan akses Google Map API yang disediakan oleh layanan Google. Dan sebagai solusinya sudah kami jelaskan pada postingan berikut:

Selain solusi diatas, terdapat solusi lain yang mungkin dapat dijadikan sebagai alternatif untuk entri data peta koordinat peserta didik. Solusi tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi Dapo Browser. Aplikasi ini merupakan aplikasi browser berbasis chromium yang digabungkan dengan google maps dan pastinya terhubung dengan dapodik. Aplikasi ini juga menerapkan sistem copy paste titik koordinat dari google map ke aplikasi. Dan ini juga menempuh sistem MANUAL. 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menginstal aplikasi adalah sebagai berikut:
  • Sebelum menggunakan aplikasi ini supaya dapat digunakan harus sudah terinstall driver psqlodbc beserta Netframework 4.0. Adapun Aplikasinya psqlodbc dapat anda unduh pada tautan berikut ini: [unduhan]. Bagi anda yang belum memiliki aplikasi netframework 4.0, anda bisa unduh pada tautan berikut ini 
  • Silahkan unduh aplikasi dapodik browser pada tautan berikut ini
  • Pastikan sebelum menggunakan aplikasi ini WAJIB terlebih dulu melakukan sinkronisasi Dapodik untuk antisipasi terjadinya kesalahan sistem
Cara Kerja Aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah tutup browser yang anda gunakan untuk aplikasi Dapodik 2019 dan aplikasi lainnya
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda buka aplikasi DapoBrowser 2019 (saat pertama kali menggunakan akan muncul notifikasi, tunggu 30 detik baru klik OK)
  • Langkah yang ketiga adalah silahkan anda klik tombol Dapodik dan login seperti biasa menggunakan aplikasi Dapodik. Untuk cara cepat memasukkan email dapat menekan tombol keyboard Ctr+U
  • Langkah yang keempat adalah pada Validasi lokal, silahkan anda cek terlebih dulu nama-nama peserta didik yang masih kosong belum terisi lintang bujur (ada warning)
  • Langkah berikutnya adalah silahkan anda buka menu Peserta Didik lalu Ubah pada peserta didik yang mau diisi/diubah data koordinatnya dengan mengarahkan ke isian lintang dan bujur. Jangan lupa kosongkan terlebih dulu untuk data yang ada.
  • Langkah yang keenam adalah Klik tombol Maps dan cari pada nama yang ingin diubah/diisi data koordinatnya. Ubah tampilan google maps model satelit dan tunggu sampai google maps menemukan lokasi yang paling terdekat. Jika tidak sesuai tinggal arahkan ke titik koordinat tempat tinggal peserta didik. Klik pada titik tempat tinggal peserta didik biar lintang bujur menyesuaikan.
  • Langkah yang ketujuh adalah Klik tombol Dapodik, lalu pada isian lintang tekan Ctrl+L dan pada isian bujur tinggal tekan tombol Ctrl+B
  • Dan langkah yang terakhir adalah silahkan anda klik Simpan lalu tutup dan ulangi terus sampai selesai dari langkah nomor 3 sampai nomor 8.
Demikianlah informasi mengenai cara mengisi peta koordinat siswa pada dapodik 2019. Pastinya langkah ini adalah langkah alternatif bagi anda yang masih menemukan kendala susahnya menemukan peta koordinat siswa pada aplikasi dapodik. Kami berharap informasi ini berguna bagi semua
 
--KODE IKLAN BUAT DI BAWAH AKHIR ARTIKEL--
Comments


EmoticonEmoticon